Senin, 28 Januari 2013

Indahnya Kebersamaan Dalam Acara Family Gathering di Taman Nasional Baluran

Welcome to Baluran

Hari kamis 24 Januari 2013, keluarga besar KPP Pratama Banyuwangi mengadakan acara rekreasi bersama ke Taman Nasional Baluran yang terletak di Kabupaten Situbondo Jawa Timur. Acara yang diselenggarakan oleh Paguyuban Pegawai ini diikuti oleh sekitar 140 orang terdiri dari pegawai beserta keluarga, petugas kebersihan, satpam, juga beberapa pegawai honorer.  Ini merupakan program kerja Paguyuban Pegawai yang memang sudah lama direncanakan dari tahun yang lalu, cuma baru kesampaian sekarang, karena belum ada hari libur yang tepat sehingga mayoritas pegawai bisa mengikutinya. Dan tanggal 24 Januari yang bertepatan dengan hari libur Maulid Nabi disepakati oleh sebagian besar anggota paguyuban untuk berwisata.


Karena penyelenggara acara ini paguyuban jadi sifatnya suka rela, tidak ada paksaan. Penentuan lokasi wisata kali inipun dilakukan secara demokratis. Sebelumnya,  diadakan polling ke seluruh pegawai apakah setuju diadakan kegiatan rekreasi, dan bagi yang setuju diberi alternatif beberapa pilihan tempat wisata dengan pertimbangan tempat wisata yang bisa ditempuh pulang pergi dalam sehari, atau berangkat pagi dan sore harinya sudah pulang. Hal ini karena untuk mengumpulkan pegawai KPP yang terletak di paling ujung timur pulau jawa ini agak sulit bila dilaksanakan pada hari Sabtu Minggu, maklum sebagian besar memang dari luar kota. Karena itu sengaja dilaksanakan pada liburan hari Maulid Nabi ini sehingga diharapkan banyak yang bisa ikut dengan sukarela. Dan berdasarkan hasil polling tersebut ternyata mayoritas memilih setuju dilaksanakan kegiatan rekreasi dengan tujuan Taman Nasional Baluran, yang ternyata memang mempesona.

Kata sambutan Kepala KPP Banyuwangi
Kebetulan pula acara ini dilakukan bersamaan dalam rangka syukuran KPP Pratama Banyuwangi atas tercapainya target penerimaan yang telah ditetapkan oleh Kanwil DJP Jawa Timur III yaitu sebesar 100,35%. Ini untuk pertama kalinya KPP Bumi Blambangan ini mencapai target penerimaan di era modernisasi DJP. Demikian halnya dengan acara rekreasi bersama seperti ini  juga baru pertama kali dilaksanakan  sejak KPP ini di launching  menjadi KPP Pratama tepatnya Desember 2007 silam.
Sebelum berangkat peserta berkumpul di halaman KPP Pratama Banyuwangi yang didahului sarapan pagi, dan tepat pukul 7.15 rombongan berangkat kelokasi Taman Nasional Baluran yang berjarak sekitar 60 km dari kota Banyuwangi tersebut. Rombongan berangkat dengan menyewa 3 buah bus, dan beberapa mobil dinas serta mobil pribadi. Sekitar pukul 9.30 kami sudah tiba dilokasi.

Acara yang bertajuk family gathering ini diawali dengan sambutan Kepala KPP Pratama Banyuwangi Dadang Suwangsa, S.H.,MSi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar KPP Pratama Banyuwangi atas partisipasi dan kerjasamanya dalam mensukseskan tercapainya target penerimaan pajak  tahun 2012 sebesar 100,35%. Disampaikan juga bahwa prestasi yang telah diraih oleh KPP Pratama Banyuwangi yaitu pada tahun 2010 mendapat penghargaan dari Dirjen Pajak  atas tercapainya target kepatuhan penyampaian SPT Tahunan, sedangkan ditahun 2011 penghargaan diperoleh atas keberhasilannya sebagai juara satu lomba pelayanan tingkat Kanwil DJP Jatim III.  Selanjutnya beliau mengharapkan kebersamaan yang sudah terjalin dengan baik ini agar bisa ditingkatkan atau minimal dipertahankan. Dengan acara seperti ini diharapkan kedekatan antar pegawai akan terjalin demikian juga antar keluarga. Karena tanpa dukungan seluruh pegawai termasuk juga keluarga akan sulit untuk mencapai target-target yang ditentukan.

Setelah kata sambutan dan pembacaan do'a dilanjutkan dengan pembagian door prize   yang sengaja memang disiapkan oleh panitia dalam jumlah yang banyak. Dilanjutkan pertandingan sepak bola plastik antar beberapa seksi, juga antar anak-anak, yang berlangsung sekitar satu jam. Pertandingan ini hanya dilaksanakan dalam 2 x 15 menit. Kemudian dilanjutkan dengan acara yang tak kalah menarik yaitu bakar ikan laut dan bakar jagung sampai dengan waktu makan siang sekitar pukul 12.30. Setelah itu acara bebas sampai pukul 15.00.

Mengapa ke Taman Nasional Baluan?  Jawabnya karena tempat wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani ini ternyata cukup menarik.  Perjalanan dari pintu masuk sekitar 12 km menuju daerah yang disebut Bekol dikiri dan kanan merupakan hutan lindung yang masih alami. Dalam perjalanan akan banyak kita jumpai hewan-hewan liar misalnya burung merak, ayam hutan, rusa, serta monyet. Menurut petugas penjaga tempat wisata ini,  sebenarnya di hutan ini masih ada hewan liar yang lain namun mereka berada jauh ditengah hutan diantaranya macan tutul, banteng, ular piton, burung dan masih banyak lagi.

Sesampainya di Bekol disini ada beberapa cottage yang bisa disewa bila kita ingin bermalam. Disini ada menara pandang yang tingginya sekitar 10 meter, yang terletak diatas bukit, yang memungkinkan kita melihat hewan-hewan dari menara tersebut. Namun pada wisata kali ini rombongan tidak singgah di Bekol, tapi langsung menuju ke lokasi acara yang tak kalah menarik yaitu Pantai Bama, yang  sekitar 3 km dari Bekol. Dalam perjalanan ke Pantai Bama kita akan melewati hamparan rumput hijau yang luas dengan latar gunung yang menjulang. Ditempat ini biasanya akan kita lihat kejauhan kawanan rusa yang sedang makan rumput, walaupun pada perjalanan kali ini hanya sedikit, namun biasanya bisa sampai ratusan. Sekitar 15 menit perjalan kita akan sampai di Pantai Bama.

Pantai Bama merupakan pantai yang indah. Pantainya datar yang ditepinya terdapat hutan bakau. Sementara disisi yang lain pantai ini  juga tampak tertanam batu-batu alam yang besar ditengah pantai, yang sangat indah. Airnya juga cukup jernih, sehingga pengunjung bisa bermain air disini. Ditempat ini kita bisa menyewa  kano dengan harga Rp. 25.000,00 sepuasnya, dan disewakan juga perahu dengan alas kaca yang memungkinkan kita melihat karang atau ikan laut dengan harga sewa Rp. 300.000,00 untuk kapasitas 10 orang. Selain itu bagi yang hobi menyelam atau snorkeling disini juga disediakan, dengan harga sewa Rp. 30.000,00. Dipinggir pantai yang ditumbuhi pohon-pohon besar ini juga disediakan wahana untuk outbond sampai flying fox. Dipantai ini juga terdapat dermaga kecil, yang letaknya membelah hutan bakau, dan untuk menuju tempat ini kita akan melewati jembatan kecil yang cukup panjang dibangun ditengah hutan bakau tersebut, dan tentunya indah sekali pemandangannya. Dan bagi yang ingin menginap, di pantai ini juga disewakan beberapa cottage  dengan harga yang cukup ekonomis.

Dengan kondisi yang penulis ceritakan diatas Taman Nasional Baluran dengan  Pantai Bama yang mempesona adalah pilihan yang tepat untuk merajut kebersamaan, apalagi bersama keluarga. Dan pukul 15.00 robongan sudah meninggalkan lokasi Pantai Bama, dengan membawa kenangan kebersamaan yang tak terlupakan. Semoga akan membawa dampak yang baik bagi KPP Pratama Banyuwangi dalam menyongsong optimisme di tahun 2013.
Semoga…


















1 komentar: